Hati-hati Penipuan Pinjol Berkedok Tawaran Kerja
Sumber: canva.com/ijeab-stock

Finance / 30 July 2024

Kalangan Sendiri

Hati-hati Penipuan Pinjol Berkedok Tawaran Kerja

Claudia Jessica Official Writer
1919

Hati-hati, banyak modus penipuan yang berkedok tawaran kerja. Lowongan kerja selalu berhasil menarik perhatian para pencari kerja. Sayangnya, hal ini juga kerap dimanfaatkan oleh para penipu tidak bertanggung jawab diluar sana.

Anda perlu curiga jika diminta mengisi formulir yang mengharuskan untuk mengunggah foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pasalnya data dan foto tersebut bisa disalahgunakan oleh orang lain untuk mengajukan pinjaman online (pinjol) dengan data diri Anda.

Selain itu, ada juga beberapa ciri-ciri lain yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari penipuan semacam ini:

1. Tawaran Secara Paksa

Jika Anda menerima tawaran kerja yang diberikan secara paksa atau terus menerus ditekan untuk segera menanggapi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

 

BACA JUGA: Waspada Penipuan Saat Ditawari Uang dengan Iming-iming: Hindari Penipuan dengan Tips Ini

 

2. Diminta Mengirim Uang

Perusahaan yang sah tidak akan meminta uang dari calon karyawannya. Jika Anda diminta mengirim uang untuk alasan apa pun, kemungkinan besar itu adalah penipuan.

3. Proses Terlalu Mudah

Tawaran kerja yang prosesnya terlalu mudah dan cenderung tanpa syarat perlu dicurigai. Biasanya, perusahaan yang benar akan melakukan beberapa tahap seleksi yang ketat.

4. Deposit atau Uang Muka

Jika ada permintaan untuk melakukan deposito atau uang muka sebagai syarat diterimanya kerja, sebaiknya Anda waspada. Ini adalah salah satu modus penipuan yang sering digunakan.

5. Komunikasi Tidak Profesional

Ciri-ciri lain dari penipuan adalah komunikasi yang tidak profesional. Perhatikan penggunaan bahasa, format email, dan kontak yang digunakan. Perusahaan yang sah akan selalu menjaga profesionalitas dalam setiap komunikasi.

 

BACA JUGA: Modus Baru Penipuan Pinjol

 

6. Diminta Mengunduh Aplikasi Tertentu

Hindari mengunduh aplikasi yang tidak dikenal atau diminta oleh pihak yang tidak jelas. Aplikasi tersebut bisa jadi merupakan perangkat lunak berbahaya yang dapat mencuri data pribadi Anda.

Langkah-langkah Menghindari Penipuan

 

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami